Monday, October 3, 2011

Etika Menulis Email

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menulis email:

1.  Perhatikan siapa yang akan menerima email ini. Menulis email ke teman tentu berbeda dengan menulis email ke client atau ke atasan atau pada orang yang belum dikenal. Selalu lebih aman menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, hindari bahasa chatting/sms seperti: ga, kalo, dst. Kecuali jika Anda benar-benar yakin yang menerima email Anda tidak bermasalah dengan istilah tersebut.

2.  Gunakan salam, ada beberapa cara:
a. Assalamualaikum,  (jika kita yakin yang menerimanya adalah muslim)
b. Yth Pak Fulan,   (ini yang paling formal)
c. Pak Fulan ysh,   (formal juga)
c. dh,                  (cara paling singkat, dh=dengan hormat)
d. Pak Fulan,       

3. Jangan pelit menggunakan kata-kata: "tolong", "terimakasih".
4. Gunakan emoticon jika perlu untuk mencegah salah paham.
5. Perhatikan penggunaan tanda seru (perintah) dan KATA DENGAN HURUF KAPITAL (berteriak).
6. Sebelum mengirim, baca ulang untuk mengecek.

Sekarang sedang banyak yang memperbincangkan mengenai etika berinternet, yang saya dapat dari Detik, presentase orang yang sudah kurang memperdulikan etika ber-internet yaitu Social Networking (52%) dan Chatroom (21%). Tetapi masih ada medium yang penggunanya dianggap sudah beretika yaitu Forum (35%) dan Wiki (28%).
Dengan artikel yang saya dapat mengenai etika penulisan email, maka dapat membantu kita agar lebih ber-etika lagi dalam menggunakan internet, khususnya dalam penulisan email (yang sedang dibahas). Dapat disimpulkan dari artikel diatas yaitu kita harus lebih teliti dalam menuliskan email, harus memperhatikan kepada siapa kita mengirim surat, menggunakan bahasa seperti apa yang cocok untuk penerima, menggunakan tanda baca yang jelas untuk mengurangi kesalahpahaman kepada penerima, dan selalu membaca ulang sebelum mengirim. Dengan ini mari kita kembali menggunakan Internet dengan baik dan benar dan selalu menggunakan etika-etika dalam berinternet.

Sumber:
http://forum.upi.edu/v3/index.php?topic=3559.0
http://www.detikinet.com/read/2011/09/09/163244/1719185/398/etika-berinternet-perlukah

Mata Kuliah: Psi. & Teknologi Internet

No comments:

Post a Comment