Sunday, March 18, 2012

Kesehatan Mental

Terdapat beberapa pengertian kesehatan mental menurut Zakiah Daradjat:
1. Kesehatan mental adalah terhindarnya orang dari gejala-gejala gangguan jiwa (neurose) dan dari gejala-gejala penyakit jiwa (psychose).
2. Kesehatan mental adalah kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan diri sendiri, dengan orang lain dan masyarakat serta lingkungan dimana ia hidup dan berinteraksi.
3. Kesehatan mental adalah pengetahuan dan perbuatan yang bertujuan untuk mengembangkan dan memanfaatkan segala potensi, bakat dan pembawaan yang ada semaksimal mungkin, sehingga membawa kepada kebahagiaan diri dan orang lain serta dari gangguan-gangguan dan penyakit jiwa.
4. Kesehatan mental adalah terwujudnya keharmonisan yang sungguh-sungguh antara fungsi-fungsi jiwa, serta mempunyai kesanggupan untuk menghadapi problem-problem biasa yang terjadi dan merasakan secara positif kebahagiaan dan kemampuan diri.


Faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan mental:
A. Faktor Internal
Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri seseorang seperti sifat, bakat, keturunan dan sebagainya
B. Faktor Eksternal
Faktor eksternal merupakan faktor yang berada di luar diri seseorang yang dapat mempengaruhi mental seseorang. Lingkungan eksternal yang paling dekat dengan seorang manusia adalah keluarga.
 Faktor luar lain yang berpengaruh yaitu seperti hukum, politik, sosial budaya, agama, pemerintah, pendidikan, pekerjaan, masyarakat, dan sebagainya.


Karakteristik mental yang sehat:
1. Terhindar dari gangguan jiwa
2. Dapat menyesuaikan diri
3. Memanfaatkan potensi semaksimal mungkin
4. Tercapai kebahagiaan pribadi dan orang lain


Sedangkan karakteristik mental yang tidak sehat adalah sebagai berikut :
1. Perasaan tidak nyaman (inadequacy)
2. Perasaan tidak aman (insecurity)
3. Kurang memiliki rasa percaya diri (self-confidence)
4. Kurang memahami diri (self-understanding)
5. Kurang mendapat kepuasan dalam berhubungan sosial
6. Ketidakmatangan emosi
7. Kepribadiannya terganggu
8. Mengalami patologi dalam struktur sistem syaraf (thorpe, dalam schneiders, 1964;61).

Masalah Kesehatan Mental:
 Semakin banyak individu di Indonesia yang mengalami gangguan pada kesehatan mentalnya, tetapi tidak diimbangi dengan adanya tenaga kerja klinisi dan psikiater yang dapat menyembuhkan mereka sehingga menyebabkan penderitaan yang berkepanjangan bagi individu tersebut. Kurangnya fasilitas yang memadai juga menghabat para psikolog untuk dapat melaksanakan tugasnya, begitu juga dengan kurang tersebarnya keberadaan psikolog sehingga para penderita kesulitan untuk menemui atau berkonsultasi dengan psikolog mengenai masalah kesehatan mental yang mereka/orang terdekat mereka alami.


Referensi:

No comments:

Post a Comment

Post a Comment